Kamis, 14 Mei 2015

Cara Setting Screensaver

Setting Screensaver pada windows xp


              Screen saver adalah salah satu fasilitas pada saat layar monitor kita sedang kosong dengan berisi gambar yang bergerak dalam jangka waktu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur tampilan Screen Saver pada computer/laptop kita :
1.     Klik kanan pada mouse,lalu tekan menu Properties.
2.    Kemudian akan muncul beberapa tampilan menu pada Display Properties yaitu 
      themes,desktop,screen saver,appearance,dan settings.
3.    Pilih menu screen saver yang terdapat pada tampilan Display Properties lalu pilih salah satu screen saver yang anda inginkan.
4.    Setelah selesai mengatur sreen saver yang anda inginkan.Klik apply untuk melihat tampilan sementara screen saver yang anda sudah ada sebelumnya.Berikut Gambar Display Properties untuk Screen Saver:






















 

Setting Screensaver pada windows 7

Screen saver berguna untuk melindungi monitor pada saat komputer dibiarkan menyala dan tidak digunakan. Tampilan screen saver saat ini sangat beragam dan dapat dengan mudah didownload secara gratis diinternet. Secara default windows 7 telah menyediakan screen saver yang sudah bisa langsung digunakan ketika windows diinstall, diantaranya adalah Bubbles, Mystify, Ribbon, dan photos. Anda dapat menggunakan screen saver tersebut secara langsung dengan memilih pada pilihan screen saver.
Untuk mengaktifkan screen saver tersebut, dapat dilakukan dengan cara dibawah ini.
  1. Klik kanan pada desktop kemudian pilih personalized
  2. Pada jendela yang muncul klik Screen Saver
    screen saver
  3. Klik tombol drop down pada screen saver dan pilih salah satu pilihan, misalnya Bubbles. Kemudian atur screensaver pada settings dan waktu munculnya screen saver.

    mengaktifkan screen saver bubbles
  4. Jika sudah klik OK, maka screen saver telah aktif dan setelah computer dibiarkan selama waktu yang telah anda tentukan maka screen saver akan muncul.
Beberapa alternatif metode merubah Screensaver pada windows 7



Metode 1: Merubah/mengganti Tampilan Screen Saver Pada Windows 7

1.    Klik kanan pada desktop anda (usahakan untuk mengklik di luar ico yang terdapat pada desktop). Selanjutnya menu Personalize dari menu yang ditampilkan saat anda mengklik kanan tadi.

2.    Selanjutnya, jendela Personalize akan dimunculkan dan pergi menuju ke sudut kanan bawah halaman personalisasi. Klik pada ikon "Screen Saver".

3.    Kemudian disini pilihlah screen saver dari menu dibawahnya. Disana akan terdapat banyak jenis screen saver yang telah disesiakan windows.

4.    Dan jika sudah selesai, selanjutnya jangan pernah melewatkan untuk mengklik tombol Apply agar screen saver baru bisa diterapkan pada komputer anda.

5.    Setelah mengklik Apply, akhiri dengan mengklik tombol OK agar perubahan pada screen saver baru anda bisa disimpan.

6.    Dan kini anda bisa lihat pada tampilan utama di desktop bahwa screen saver anda telah berubah dengan screen saver yang anda pilih sebelumnya.

Dan jika anda ingin mendapatkan lebih banyak gambar screen saver, anda bisa mengunduhnya di Internet. dan simak langkah berikut ini agar anda tidak kesulitan.

Metode 2: Instalasi Screensaver Baru

1.    Pilih screen saver yang anda sukai di internet dengan cara mengunduhnya. Ini kemunginan akan menjadi sebuah file dengan extensi .exe.
  • Dan jika file sudah didapat, anda disaranakan untuk melakukan scan terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.
2.    Kemudian Run file untuk bisa diinstal menjadi screen saver baru anda.

Dan apabila anda ingin menyesuaikan screen saver dengan photo anda, foto keluarga atau gambar apa saja yang anda sukai, anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah berikut ini.

Metode 3: Menyesuaikan Photo Pribadi Untuk dijadikan Screesaver

1.    Lakukan seperti pada metode 1, namun bedanya. Pada menu screen saver, pilih menu photo dari drop-down dengan cara. Tekan tombol Browse pada “Picture” dan pilih pada folder mana gambar disimpan.

2.    Kemudian layar preview akan memperlihatkan beberapa photo pada anda. Jika foto-foto tersebut bukanlah foto yang akan anda jadikan screen saver, maka klik pada menu Settings.

3.    Klik Browse dan pilih file dengan ekstensi yang bisa digunakan menjadi screen saver.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar